Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Investree secara Lengkap - P2P Lending Konvensional Syariah dan SBN

Gunakan kode referral Investree: TQWBT saat mendaftar, agar anda bisa mendapatkan bonus pendanaan. Investree merupakan perusahaan Fintech P2P Lending yang telah mendapatkan izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk dua jenis usaha yaitu konvensional dan syariah. Selain itu Investree juga menjadi mitra distribusi untuk memasarkan SBN (Surat Berharga Negara) seperti SBR (Savings Bond Ritel), ST (Sukuk Tabungan), ORI (Obligasi Negara Ritel), SR (Sukuk Negara Ritel). Kali ini saya akan melakukan review untuk pemberi pinjaman (lender), yaitu ulasan Fintech P2P (Peer to Peer) Lending yang bernama Investree (PT Investree Radhika Jaya).


Informasi Perusahaan

Investree resmi berdiri pada bulan Oktober 2015. Para pendiri Investree melihat masih banyak masyarakat, khususnya para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) yang tidak bisa menikmati fasilitas dari bank (unbankable). Dengan memiliki pengalaman berkarier di institusi finansial nasional dan internasional terkemuka, maka muncullah sebuah ide untuk mendirikan Investree. Pinjaman Investree banyak dimanfaatkan oleh UKM yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan modal usaha dari perbankan.

Inilah jajaran tim dari Investree:

  • Adrian Gunadi (Co-Founder & Chief Executive Officer)
  • Dickie Widjaya (Chief Information Officer)
  • Dr. Amiruddin (Co-Founder and Commisioner)
  • Eri Reksoprodjo (Chairman)
  • Muliaman D. Hadad (Senior Advisor)
  • AH Azharuddin Lathif (Technical Advisor Sharia Business)
  • M. Suaidy Masud (Technical Advisor Sharia Business)

Legalitas Perusahaan

Legalitas Investree adalah sudah Berizin di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan Nomor: KEP-45/D.05/2019 tanggal 13 Mei 2019. Investree mendapatkan izin usaha dari OJK untuk dua jenis usaha yaitu konvensional dan syariah. Anda harus tahu bahwa salah satu syarat penting untuk memilih perusahaan P2P Lending adalah bahwa perusahaan tersebut harus sudah Terdaftar atau Berizin di OJK.


Suntikan Modal

Yang terbaru Investree berhasil mendapatkan suntikan dana dari investor yaitu pendanaan putaran pertama seri C dengan nilai US$23,5 juta dari MUIP dan BRI Ventures. Selain itu, turut serta pula SBI Holding dari Jepang dan 9F Group dari China yang juga merupakan investor yang bergabung dalam pendanaan seri B Investree.


TKB90 dan TWP90

TKB90 dari Investree saat ini adalah 97,05%, sedangkan TWP90 (NPL) dari Investree adalah 2,95%. Anda bisa melihat data TKB90 yang terbaru di situs web Investree atau pada aplikasi smartphone anda.

 

Produk Pendanaan

Produk pendanaan pinjaman di Investree ada 2 macam, yaitu konvensional dan syariah. Untuk pembayaran pokok pinjaman dan bunga ada 2 macam, yaitu pembayaran dengan cicilan tiap bulan (installment) dan pembayaran di akhir periode (bullet). Investree mempunyai produk pinjaman yang menggunakan invoice sebagai jaminannya yaitu Pre-Invoice Financing dan Invoice Financing, selain itu Investree juga mempunyai jenis pinjaman Account Payable Financing dan Fast Track Loan.

Rate bunga dari Investree adalah: 12% - 20% per tahun (dari Grade A+ sampai dengan Grade C- ) dengan jangka waktu 30-180 hari. Penilaian grade diukur dari tingkat resiko pendanaan, di mana makin besar rate bunga berarti makin besar juga resikonya. Apabila peminjam (borrower) mengalami keterlambatan dalam membayar pinjaman, maka Investree akan membebankan biaya keterlambatan per harinya. Investree tidak membebankan denda terhadap pembayaran dipercepat untuk produk Pinjaman Bisnis, namun borrower memiliki kewajiban untuk membayar bunga sesuai perjanjian di awal.


Pendanaan Investree Konvensional



Pendanaan Investree Syariah


Investree SBN (Surat Berharga Negara)

Investree juga mempunyai produk SBN (Surat Berharga Negara) seperti SBR (Savings Bond Ritel), ST (Sukuk Tabungan), ORI (Obligasi Negara Ritel), SR (Sukuk Negara Ritel). Yang perlu anda ketahui bahwa SBN bukan merupakan produk P2P (Peer to Peer) Lending dan tidak dijamin oleh Investree.



Minimal Pendanaan

Minimal pendanaan di Investree adalah Rp 1.000.000 dengan kelipatan pendanaan Rp 1.000.000.

Pendanaan di Investree bersifat crowdfunding (urun dana), jadi satu produk pendanaan bisa didanai lebih dari satu orang pemberi pinjaman (lender).


Top Up dan Penarikan Dana

Untuk tambah deposit saldo dana di Investree anda bisa melakukan pembayaran melalui Virtual Account (VA) Bank CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, Danamon, Danamon Syariah. Biaya top up saldo dana di Investree adalah mengikuti kebijakan dari bank yang anda gunakan.

Investree mempunyai saldo kas lender (Cash in Hand) yang akan menampung dana anda, ini akan memudahkan anda bila ingin melakukan pendanaan lagi. Tetapi bila dana pada Cash in Hand tidak digunakan dalam waktu 2 (dua) hari kerja, maka Investree akan mengembalikan dana ke rekening anda yang akan dilakukan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Waktu yang dibutuhkan untuk penarikan dana (withdrawal) dari Investree sampai ke rekening anda adalah 1 (satu) hari kerja, apabila withdrawal yang dilakukan di atas pukul 12.00 WIB akan diproses esok hari. Menurut pengalaman saya hanya 1 (satu) hari kerja dengan menggunakan Bank CIMB Niaga.

Biaya penarikan dana (withdrawal charge) di Investree adalah biaya transfer antar bank (Rp 5.000). Tetapi bila anda menggunakan Bank CIMB Niaga dan Danamon maka akan bebas biaya (gratis).


Perlindungan Dana

Investree bekerja sama dengan asuransi untuk memberikan perlindungan dana antara 75%-90% dari pokok pinjaman, tidak termasuk bunga dan denda keterlambatan.


Apakah Penipu

Banyak yang bertanya dan mencari informasi berita tentang Investree penipu. Menurut saya itu adalah berita bohong atau hoax, karena dalam P2P Lending telat bayar dan gagal bayar adalah salah satu resiko yang harus anda pahami. Untuk itu jangan lupa untuk selalu diversifikasi pendanaan anda.


Jenis Pinjaman

Jenis pinjaman di Investree adalah produktif dan Investree memberikan pinjaman kepada para pengusaha UKM sebagai modal kerja.


Apakah Syariah

Investree termasuk P2P Lending Syariah, selain itu Investree juga merupakan P2P Lending yang mempunyai produk konvensional dan syariah. Menurut data pada situs web OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bahwa jenis usaha dari Investree adalah konvensional dan syariah.


Kode Referral dan Bonus

Gunakan kode referral Investree: TQWBT saat mendaftar, agar anda bisa mendapatkan bonus pendanaan.


Cara Daftar

Investree dapat dijalankan pada sistem operasi (OS) Web, Android, IOS.

Inilah tutorial panduan mendaftar di P2P Lending Investree, dengan menggunakan smartphone Android:

  • Install Investree dari Play Store.
review investree syariah konvensional sbn surat berharga negara

  • Jalankan aplikasi Investree.
  • Klik tombol: Daftar sebagai Lender

  • Isi Jenis kelamin, Nama, Nomor ponsel, Email, Kata sandi dan Kode referral.

  • Isi kode referral: TQWBT, setelah itu klik tombol: Daftar sebagai Lender
kode referral investree

  • Masukkan kode OTP.

  • Untuk Tipe Pendanaan anda bisa pilih: Konvensional hanya untuk mendanai pinjaman konvensional saja, Syariah hanya untuk mendanai pinjaman syariah saja, Konvensional dan Syariah bisa untuk mendanai pinjaman konvensional dan syariah.  Setelah itu klik tombol: Simpan

  • Membuat 6 digit PIN.

  • Buka email yang anda daftarkan tadi di Investree, kemudian klik tombol: Click to Activate

  • Untuk mengaktifkan akun anda, maka pada aplikasi Investree pilih menu: Profil. Setelah itu klik tombol: Edit Profil


  • Isi semua data diri anda.



Customer Service

Anda dapat menghubungi layanan customer service (CS) Investree di:
  • Call Center : 1500886
  • Email          : cs@investree.id


Kesimpulan

  • Anda ikut mendukung bisnis UKM di Indonesia.
  • Mempunyai jenis pinjaman yang cukup lengkap, seperti Pre-Invoice Financing, Invoice Financing, Account Payable Financing dan Fast Track Loan.
  • Mempunyai produk pendanaan pinjaman konvensional dan syariah, serta produk SBN (Surat Berharga Negara).
Jangan lupa gunakan kode referral Investree: TQWBT saat mendaftar, agar anda bisa mendapatkan bonus pendanaan.


Sejarah Pendanaan Investree

  • November 2021 - Desember 2021
Saya mempunyai portofolio sebesar 1% di Investree.
  • Januari 2022 - Februari 2022
Saya mempunyai portofolio sebesar 2% di Investree.
  • Maret 2022 - November 2022
Saya mempunyai portofolio sebesar 3% di Investree.

Untuk membaca review P2P yang lainnya, silakan kunjungi -> Kumpulan Review Investasi


4 komentar untuk "Review Investree secara Lengkap - P2P Lending Konvensional Syariah dan SBN"

  1. Brp % modal kita yg dicover insurance ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicover antara 75%-90% dari pokok pinjaman ya kak

      Hapus
  2. katergori gagal bayar setelah berapa hari? dan bisa diasuransikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periode klaim adalah 91 hari (sesuai kalender) setelah tanggal jatuh tempo pinjaman ya kak

      Hapus